Skip to content

Contoh Ruang Tamu Minimalis

Jasa Bangun Renovasi Kantor di Rumah Medan
Ruang Tamu Minimalis
Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Aksen Putih. Sumber: Dekoruma

Ruang keluarga atau di Indonesia lebih akrab disebut dengan ruang tamu adalah salah satu bagian rumah yang paling penting dari rumah. Hal ini dikarenakan ruang tamu selain dinikmati oleh anggota keluarga juga digunakan untuk menyambut tamu yang datang. Desain ruang tamu yang minimalis dan sedap dipandang selain berpengaruh pada kenyamanan tinggal juga berpengaruh pada kesan yang diberikan oleh orang lain yang datang ke rumah tersebut. Memiliki ruang tamu yang ergonomis dan indah tidak hanya menambah kepuasan bagi pemiliknya sekaligus menimbulkan kesan yang baik bagi tamu yang mengunjungi rumah tersebut.

Ruang tamu juga disebut sebagai jantung dari rumah. Hal ini dikarenakan karena fungsinya yang memperkuat ikatan batin antara anggota keluarga yang sering menghabiskan waktu berkumpul di ruangan ini. Ada beberap ahal yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruang tamu minimalis sehingga terdapat kesan yang mewah. Secara garis besar, Anda dapat melakukannya dengan menata interior seperti sofa, meja, kursi, hiasan dinding dan berbagai macam desain interior lainnya.

ruang tamu minimalis sederhana

Ada banyak sekali gambar contoh ruang tamu minimalis yang beredar di Internet. Namun untuk menerapkannya ada beberapa hal yang seharusnya Anda perhatikan agar tidak asal meniru gambar-gambar di internet namun saat selesai ada kesan berbeda dan tidak sesuai dengan harapan Anda. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan menurut Putra Sion Mandiri:

Perhatikan Kebutuhan Keluarga

Konsep ruang tamu minimalis merupakan konsep untuk meletakkan barang seminimal mungkin dengan fungsi semaksimal mungkin. Maka dari itu, pilihlah perabotan yang dirasa penting untuk kebutuhan Anda dan keluarga untuk dipajang di ruang tamu. Sementara barang-barang yang lainnya dapat dipajang atau disimpan di ruang pribadi.

Baca juga: Tips Desain Ruang Dapur Minimalis

Perabotan dan Pernak-pernik Interior

Perabotan yang dipilih sebaiknya tidak terlalu besar dan memakan tempat. Selain untuk menambah kesan minimalis, perabotan yang minim juga akan membuat kemudahan dalam menyambut tamu dan merawatnya. Pernak-pernik yang digunakan dalam ruang tamu minimalis juga sebaiknya hanya sedikit saja dan tidak terlihat terlalu mencolok dan mendominasi ruangan. Gunakan pula perabotan yang bersifat ergonomis untuk memudahkannya dalam penataan dan perawatan.

Pemilihan Warna

Sebagai ruang yang sering digunakan untuk menyambut tamu yang datang, pilihlah warna-warna yang serah seperti putih, hijau, atau warna-warna pastel lainnya untuk menampilkan kesan gembira di rumah Anda. Selain itu warna yang cerah juga membuat kesan ruangan yang lebih luas. Ditambah dengan perabotan yang sedikit, ruang tamu minimalis bisa memiliki kesan lapang dan lega saat didatangi oleh tamu yang berkunjung.

Pencahayaan yang Cukup

Warna yang terang tentu saja tidak akan terlihat indah jika cahaya di dalam rumah minim. Jika diperhatikan hal inilah yang menyebabkan kebanyakan ruang tamu memiliki jendela yang besar. Selain sebagai ventilasi, jendela yang besar juga menyediakan pasokan cahaya yang besar di siang hari sehingga kesan ceria dalam menyambut tamu bertambah.

Baca juga: Tips Membangun Garasi Rumah

Beberapa hal di atas sebenarnya sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri, tapi jika Anda ingin hasil yang lebih berkualitas Anda dapat mempercayakan urusan renovasi ruang tamu rumah Anda pada kami. Putra Sion Mandiri merupakan jasa arsitek dan konstruksi di Kota Medan yang telah berpengalaman dalam mendesain, merenovasi bahkan membangun baru baik rumah ataupun kantor selama hapir sepuluh tahun. Untuk menggunakan jasa kami, Anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp kami atau menghubungi 082267183517 (Andre)/085370255054 (Ribka) untuk respon yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *