Tips Desain Ruang Dapur Minimalis

Memiliki rumah yang lahannya terbatas tidak menjadikan alasan untuk Anda tidak dapat membuat hunian menjadi lebih cantik dan nyaman sehingga pemilik rumah menjadi betah. Terlebih lagi bagian dapur yang biasanya ramai dengan berbagai peralatan memasak. Dalam hal ini konsep minimalis bisa menjadi jawaban bagi Anda. Ruang dapur yang minimalis bisa menjadi jawaban untuk menghemat lahan yang digunakan di rumah Anda dan membuatnya tetap nyaman serta menghemat lahan yang Anda miliki.

Ruang dapur merupakan area yang kerap diabaikan nilai estetika dan fungsinya dalam membangun rumah. Padahal dapur bukan hanya sekedar tempat memasak namun bisa menjadi merangkap sebagai ruang makan yang menarik, tempat menyimpan barang-barang yang dipakai sebagai alat makan bahkan dapur yang nyaman dapat membuat orang yang memasak makanan menjadi lebih bersemangat dalam mencoba resep-resep baru. Jika Anda berniat untuk membangun ruang dapur minimalis, sudah semestinya Anda mulai memikirkan nilai ergonomis sehingga hal-hal yang sebelumnya telah disebutkan dapat direalisasikan dengan efisien.

Baca juga: Tips Hemat Renovasi Rumah

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dalam membangun ruang dapur minimalis untuk rumah Anda:

Bahan dan Warna Dinding Dapur

Langkah awal yang baik adalah dengan menentukan rancangan bahan dinding untuk dapur. Hal ini dikarenakan ruangan dapur yang minimalis tidak begitu membutuhkan warna-warna yang mencolok dan juga perabotan yang sederhana. Anda dapat memilih bahan seperti keramik atau dinding biasa yang berkualitas baik. Jangan lupa untuk menggunakan backsplash untuk menangkal percikan air dan minyak yang biasa terjadi di saat memasak.

Untuk warna sendiri, pilihlah warna-warna sederhana seperti warna putih atau warna lembut lain seperti warna-warna paster. Jika ingin terlihat ramai, pakailah kombinasi pola dari wallpaper atau keramik seperti pada gambar contoh berikut.

dinding-dapur

Langit-langit Dapur

Untuk langit-langit, pilihlah warna sederhana seperti putih atau variasinya. Hal yang paling penting pada langit-langit dapur adalah tersedianya ventilasi yang baik sehingga asap dari makanan dapat keluar dari ruangan dapur yang minimalis tersebut dengan mudahnya.

Pemilihan Perabotan & Lemari

Ruangan dapur minimalis biasanya tidak memiliki ruangan yang cukup untuk meletakkan bermacam-macam yang besar di sana. Pilihlah barang seperti lemari kabinet yang cukup lebar untuk menampungnya. Manfaatkan pula sudut-sudut ruangan dengan meletakkan meja untuk perkakas dapur dan lemari di bawahnya untuk menyimpan keperluan dapur lainnya yang jarang dipakai.

Untuk bahan sendiri, Anda dapat menggunakan bahan yang disebut thermofoil yang terbuat dari plastik khusus di permukaan lemari yang membuat lemari Anda tahan dari kelembaban. Thermofoil juga lebih mudah dibersihkan dan juga lebih murah ketimbang lemari kayu pada umumnya.

Jika ingin melakukan pemilihan warna tertentu, thermofoil memiliki pilihan warna yang beragam. Namun jika Anda ingin mengecat secara manual agar selaras dengan warna tertentu, maka Anda perlu mengecek perabotan Anda apakah cocok di cat atau bahan cat apa yang cocok digunakan. Pilihlah warna cerah atau setidaknya warna netral agar timbul perasaan lega dan nyaman di ruang dapur Anda.

Baca Juga: Cara Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam membuat dan merancang ruang dapur minimalis untuk Anda yang memiliki keterbatasan lahan di rumah Anda. Namun jika Anda tidak ingin repot dan menginginkan penataan yang profesional, Anda dapat menghubungi kami. Putra Sion Mandiri merupakan jasa konstruksi berpengalaman khususnya bidang renovasi dan desain interior. Untuk konsultasi secara online, Anda dapat melakukannya . Anda juga bisa menghubungi kami melalui Whatsapp atau Signal di nomor 0853-7272-6338 untuk respon yang lebih cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *