Tips Membangun Garasi Rumah

Anda punya rencana untuk membangun garasi? Lantas bagaimana cara membangun atau melakukan renovasi pada garasi rumah yang baik untuk menambah nilai dan juga kenyamanan di rumah Anda?

Saat memutuskan untuk membeli rumah, tentu saja akan ada rencana yang matang terlebih bagi Anda yang sudah atau berencana untuk memiliki mobil. Garasi merupakan suatu hal yang vital karena menjamin kendaraan Anda untuk disimpan secara aman dan tetap terawat. Ada banyak pilihan untuk membuat garasi rumah. Secara garis besar, garasi dapat dikelompokkan menjadi garasi yang terpisah dengan rumah dan garasi yang tergabung dengan rumah.  pertimbangkan pula jika Anda hanya memiliki satu mobil/motor atau banyak mobil/motor. Jika Anda memiliki ide tertentu untuk membuat garasi yang baik dan unik di rumah Anda, ada baiknya untuk mendiskusikan hal ini dengan tim arsitek ataupun desainer eksterior berpengalaman seperti Putra Sion Mandiri. Melakukan modifikasi khusus pada garasi membutuhkan kemampuan khusus untuk menggabungkan semua keinginan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah yang Menarik

Salah satu tren desain garasi yang populer belakangan adalah desain garasi yang menggabungkan estetika dan objek hidup yang menambah efisiensi dari nilai garasi itu sendiri. Garasi juga dapat berdampingan dengan ruangan lain seperti dapur, ruang keluarga, kamar mandi dan gudang. Memiliki garasi yang besar tidak hanya menambah fungsi dan kesan lega di dalamnya, namun juga menambah nilai rumah Anda. Meskipun ukuran atau rencana desain rumah Anda memiliki gaya yang unik, namun itu bukanlah suatu alasan untuk tidak mencari desain garasi yang cocok dan luas. Karena dengan bertambahnya anggota keluarga, bertambah pula kebutuhan Anda untuk memiliki garasi yang cukup.

Beberapa hal ini bisa jadi poin-poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat garasi (khususnya mobil) untuk desain rumah baik klasik, modern dan minimalis:

Luas Lahan

Luas lahan bisa jadi pertimbangan tertentu berdasarkan jumlah dari kendaraan yang Anda miliki. Hal ini bisa berdampak pada kenyamanan Anda dalam merawat kendaraan kesayangan Anda. Luas lahan yang baik dan proporsional juga bisa ditentukan dari jenis kendaraan bermotor yang Anda miliki. Jika hanya untuk satu motor, Anda dapat membuat garasi dengan ukuran 2mx1m, mobil kecil seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris cukup dengan ukuran 2,5mx5m sementara mobil-mobil besar buatlah ukuran 3mx6m. Jika memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu, Anda dapat menghitungnya dengan mengalikan kelipatannya.

Penempatan Garasi Rumah

Perhatikan letak garasi yang Anda rancang. Apakah akan diletakkan di depan, samping atau belakang rumah. Hal ini bisa menjadi hal yang penting untuk menentukan model pintu garasi yang cocok bila diletakkan di pintu rumah dan ventilasi udara yang disesuaikan jika diletakkan di di samping atau belakang rumah. Jangan lupakan pula tempat untuk meletakkan onderdil dan perangkat perawatan mobil lai

Warna Garasi

Warna garasi biasanya disesuaikan dengan warna rumah. Namun jika ingin memiliki warna garasi yang berbeda, unik namun tetap cantik, Anda dapat mempercayakannya pada jasa desain interior terpercaya seperti Putra Sion Mandiri.

Material Lantai

Ban yang tidak halus, onderdil yang biasanya terbuat dari besi dan beban dari kendaraan menjadi hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih material khusus untuk garasi. Selain itu pola perawatan kendaraan yang lain seperti mengganti oli yang bisa tertumpah, asap yang mengotori dan debu yang menggumpal juga bisa dengan mudah mengotori lantai garasi. Pilih material lantai yang memiliki pori-pori kecil serta kuat seperti granit atau keramik berkualitas bagus yang mudah dibersihkan dan sulit lecet. Pilih pula material yang memiliki tekstur agar tidak mudah terpeleset karena licin.

Itulah beberapa tips dalam membuat garasi untuk rumah yang minimalis, sederhana namun tetap harus Anda perhatikan untuk kenyamanan dan keamanan Anda. Meski terkesan sepela, namun beberapa hal di atas dapat menghindarkan Anda dari kecelakaan kerja saat melakukan perawatan kendaraan bermotor Anda serta keamanan dalam menyimpan mobil Anda. Untuk melakukan desain atau pembangunan garasi rumah yang aman dan nyaman, Anda dapat menggunakan jasa konstruksi terpercaya seperti Putra Sion Mandiri.

Jika Anda tertarik, Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan menghubungi kami di Whatsapp untuk respon yang lebih cepat.

One Comment

  1. Pingback:สมัครเน็ต ais

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *