Skip to content

Cara Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat

memilih warna cat tepat cocok rumah

Apakah Anda ingin mempercantik rumah dengan melakukan cat ulang? Atau sudah kepikiran untuk mengecat rumah namun tidak tahu cara memilih warna yang tepat? Artikel ini akan membahas cara dan tips untuk memilih warna cat rumah yang baik dan tepat bagi Anda!

Dinding Sebagai Pemanis Rumah

Hal yang paling terlihat menonjol dari sebuah rumah adalah sebuah dinding. Lapisan cat yang cantik tentu saja akan membuat rumah menjadi lebih cantik dan nyaman untuk dilihat. Hal ini membuat siapa saja yang datang dan menghuninya merasa nyaman karena warna cat yang menarik dan menjadikan dinding terlihat bersih.

Memilih warna cat rumah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah terlihat indah dan terawat. Bisa jadi beberapa di antara Anda melakukan cat ulang rumah hanya karena bosan dengan tampilan rumah yang lama dan ingin menggantinya dengan warna cat yang lebih baru. Cara yang paling mudah dan umum adalah dengan melakukan cat ulang seluruh ruangan yang ada di rumah.

Baca juga: Jasa Arsitek untuk Mempercantik Rumah

Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat

Memilih cat warna untuk rumah merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Mungkin Anda sering memilih warna yang monoton dan terkesan jadul seeperti putih dan krem. Padahal jika dapat mengkomposisikan warna dengan baik, ada banyak pilihan warna yang tersedia. Anda tidak perlu takut dalam mencoba beberapa kombinasi warna dan dapat Anda pilih sesuai dengan kepribadian Anda. Jangan terpaku untuk memilih hanya satu atau dua warna jika kombinasi warna yang Anda ciptakan bisa sangat banyak.

Dengan kombinasi warna yang tepat dan dekorasi yang indah, rumah Anda pasti akan terlihat lebih indah dan menarik. Ganti warna-warna netral seperti putih menjadi warna-warna yang berani seperti merah, kuning, atau biru. Tentu saja sesuaikan hal ini dengan aksesoris yang akan Anda gunakan.

Dengan banyaknya jenis warna saat ini dan kecanggihan teknologi untuk memadukannya, Anda dapat menyesuaikan warna favorit Anda dengan kondisi, tipe rumah hingga konsep rumah yang Anda miliki. Sebagai solusi, berikut beberapa cara untuk memilih warna cat rumah yang cocok dari Putra Sion Mandiri:

Putih

Warna netral yang paling sering digunakan. Warna ini bisa dikombinasikan secara bebas dengan warna lainnya. Bisa pula menjadi warna penengah saat ada warna yang kurang sesuai dan “tabrakan”. Warna putih menimbulkan kesan bersih. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan warna ini jika Anda tidak ingin terkesan kaku dan jadul.

Abu-Abu

Warna ini cukup populer di kalangan bangunan yang mengusung konsep minimalis. Warna ini akan menimbulkan kesan yang luas dan tidak terlalu gelap. Namun jika terlalu banyak menggunakannya akan menimbulkan kesan kaku dan seram. Pilihlan warna abu-abu muda yang sedikit terang serta lengkapi dengan pencahayaan yang baik.

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Minimalis Murah

Hitam dan Kuning

Warna hitam membuat dinding terlihat kokoh dan kuat. Sementara kuning untuk menambahkan kesan ceria dan mengimbangi warna hitam yang identik dengan suasana angker. Jika memutuskan untuk menggunakan warna ini, padukanlah dengan porsi yang tepat dan baik.

warna cat rumah kuning hitam

Hijau dan Biru

Warna-warna ini sangat baik diterapkan untuk tempat tinggal yang mengusung konsep natural dan dekat dengan alam. Warna hijau yang asri dan sejuk serta biru langit yang membuat kesan luas dan nyaman.

Ungu dan Pink

Merupakan warna yang cukup jarang namun siapa sangka warna ini akan sangat menarik jika Anda dapat mencocokannya? Pilihlah warna yang muda atau warna-warna pastel yang membuatnya terasa nyaman dan segar. Warna yang terlalu mencolok malah bisa membuat bangunan Anda menjadi kurang nilai estetikanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *