Skip to content

Membuat Taman Kolam untuk Rumah Minimalis

membuat taman kolam rumah

Taman kolam bisa menjadi sebuah solusi untuk mempercantik hunian Anda. Namun apakah Anda selama ini bingung atau kekurangan ide untuk membuat taman kolam? Atau keterbatasan lahan membuat Anda sulit merancang dan mengerjakan taman kolam tersebut? Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat taman kolam yang cantik di rumah minimalis Anda.

Taman kolam tidak hanya merupakan sekedar taman atau kolam terpisah. namun menggabungkan unsur keduanya untuk menghemat lahan namun mendapatkan fungsi dari keduanya sekaligus dengan biaya yang lebih murah dan hemat. Taman kolam ini sering digunakan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah minimalis yang memiliki lahan yang terbatas.

taman kolam untuk rumah

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah yang Menarik

Membuat taman kolam sebenarnya bukan hal yang sulit. Terlebih lagi bagi Anda yang merupakan pecinta ikan, tentu akan jadi sebuah kesenangan tersendiri melihat ikan yang akan Anda pelihara kelak. Memandangi ikan yang bermain di kolam menjadi cara yang menenangkan dan menyenangkan.

Hal yang diutamakan dalam pembuatan taman kolam adalah bentuk dan fitur yang memudahkan Anda sebagai pemilik untuk menikmati pemandangan dari taman kolam setiap hari tidak hanya dari luar rumah namun dari dalam rumah. Selain itu, jangan lupakan pula urusan anggaran alias budget yang tidak boleh terlewatkan.

Desain Taman Kolam

Hal yang pertama kali diperlukan dalam membangun taman kolam adalah perencanaan dari segi desain yang matang. Ada banyak sekali referensi yang bisa Anda cari di internet, majalah hingga buku-buku arsitektur. Jangan memulai membuat taman kolam hanya dengan membayangkan dan mencoretnya di atas kertas. Anda perlu memikirkan keadaan sekitar taman kolam seperti bentuk, luas lahan yang ada dan apa saja yang bisa dimanfaatkan. Jika urusan untuk merencanakan dan mendesain taman kolam ini dirasa terlalu rumit, Anda dapat menggunakan jasa desain eksterior atau arsitek seperti Putra Sion Mandiri.

Ukuran

Setelah mengawali dengan menggambar atau merancang desain yang diinginkan, wujudkanlah dengan gambar yang jelas untuk mempermudah pembuatannya. Taman kolam yang minimalis tidak membutuhkan ukuran kolam ikan yang terlalu besar. Hanya dengan ukuran kolam 2×1 meter, Anda sudah bisa memiliki kolam cantik dengan hiasan seperti air mancur atau pohon bonsai di tengah-tengahnya. Taman yang akan melengkapi pinggirannya dapat Anda hiasi dengan beragam tanaman hijau atau bunga beraneka warna dan batu-batuan agar terlihat natural.

Hal yang perlu diperhatikan dalam taman kolam ini juga posisi penempatannya yang harus strategis agar bisa dinikmati oleh anggota keluarga serta tamu yang berkunjung dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, ukuran sederhana dan strategis justru akan mengingatkan Anda untuk merawat ikan-ikan yang ada pada kolam dan tidak mengabaikannya. Jika halaman depan Anda dirasa terlalu kecil, Anda dapat menyiasatinya dengan membuatnya di samping atau belakang rumah.

Baca Juga: Contoh Desain Rumah Minimalis Sederhana

Material

Taman kolam yang notabene sebagai pelengkap dan pemanis rumah tidak memerlukan biaya yang tinggi sebenarnya. Namun cukupkan biaya untuk memilih material yang tahan dengan cuaca dan tahan dengan air untuk kolam ikannya. Material yang berkualitas akan menjadikan taman kolam ini awet dan mudah dirawat. Jika ada dana yang berlebih, Anda dapat menambahkan aksesoris lain baik untuk taman dan kolam seperti batu alam, patung, lampu hias, dan sebagainya agar taman kolam yang Anda miliki tidak terlihat monoton.

Isi Taman Kolam

Untuk jenis taman kolam yang minimalis, ada baiknya Anda hanya mengisinya dengan ikan hias yang berukuran sedang seperti ikan koi, ikan mas, dan lainnya. Perawatan ikan jenis ini terbilang mudah dirawat dan tidak tidak memiliki kebutuhan khusus. Anda hanya perlu mengganti airnya secara berkala untuk menjaga kebersihan isi kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *