Skip to content

Membangun Ruang Binatu Di Rumah

ruang binatu

Apakah anda merasa  jengah  dengan tumpukan pakaian yang belum disetrika dan  membutuhkan ruangan dimana anda bisa menjemur pakaian tanpa harus merasa khawatir jemuran anda merusak pemandangan? Maka membangun ruang binatu di rumah merupakan solusinya.

Ruang binatu seringkali tidak dijadikan prioritas ruangan yang haru dirancang saat membangun rumah. Padahal dengan adanya ruang binatu akan sangat membantu aktivitas mencuci dan menyetrika. Ruang binatu adalah area yang dijadikan tempat untuk melakukan aktifvitas seperti mencuci,menjemur dan menggosok pakaian. Dengan adanya ruang binatu kita tidak perlu lagi untuk mencuci baju di kamar mandi atau meletakkan tumpukan pakaian yang telah kering di dalam rumah. Semua aktivitas yang berkenaan dengan mencuci dan menggosok dapat dilakukan di dalam ruangan.  Ruang binatu juga tidak memakan banyak lahan untuk dibangun. Apakah anda tertarik membangun ruangan binatu milik anda sendiri? Berikut sedikit tips dari kami selamat membaca!

Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi ruangan adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Biasanya ruangan yang dipilih untuk menjadi ruangan cuci gosok terletak di sekitar garasi rumah ataupun di sekitar area dapur dikarenakan  suara bising dari aktivitas mencuci yang dapat mengganggu aktivitas. Anda juga bisa membangun ruangan binatu di bagian teras belakang rumah anda. Tidak membutuhkan banyak ruang untuk menciptakan ruangan ini, anda bisa memanfaatkan pojokan ruangan.

Minimalkan Penggunaan Perabot Di Ruangan

Agar tidak memakan tempat, hindari penggunaan perabot yang terlalu banyak di ruangan. Gunakan lemari untuk menyimpan peralatan untuk mencuci dan menggosok seperti detergen, pelembut pakaian, setrika dan semprotan untuk menyetrika. Gunakan rak gantung untuk menggantung handuk mandi setelah digunakan dan tali kawat untuk menggantung pakaian yang baru dicuci untuk dijemur sampai kering. Pemilihan perabot portable atau bongkar pasang juga bisa dijadikan pilihan, penggunaan perabot portable bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan ruang yang ada. Selain itu penggunaan perabot portable dapat meminimalisir kerusakan pada dinding ruangan akibat pemasangan perabot seperti rak dan lainnya yang menggunakan paku. Anda bisa menyimpan perabot tersebut di kala anda tidak menggunakannya sehingga dapat menghemat ruangan yang dipakai.

Memanfaatkan Area Pintu Masuk

Area pintu masuk merupakan area yang dapat dimanfaatkan sebagai instalasi tempat mencuci. Penggunaan meja juga disarankan untuk meletakkan pakaian-pakaian yang belum dicuci sebelum memasukkannya ke dalam mesin.

Bentuk  L Dalam Ruangan

Apabila ruangan yang dijadikan area mencuci dan menggosok berbentuk memanjang, anda dapat  meletakkan  perabot dengan berbentuk huruf L. Di sisi yang lebih pendek anda dapat meletakkan mesin cuci sementara di area yang lebih panjang bisa anda manfaatkan sebagai tempat meletakkan kabinet laci penyimpanan dan area setrika.

Ruang Untuk Menyetrika

Pastikan tersedia ruangan yang cukup sebagai area untuk menyetrika pakaian. Pilih papan setrika yang dapat dilipat ketika tidak dipakai atau pilih papan yang menyatu dengan kabinet di ruangan.

Pemilihan Interior Ruangan

Siapa bilang ruang binatu harus terkesan steril dan kaku? Pilih warna hangat untuk dinding atau gunakan wallpaper dengan motif dan warna yang ceria untuk menyemarakkan kegiatan mencuci dan menyetrika. Warna ruangan hitam tidak umum namun memberikan kesan elegan pada ruangan. Warna ruangan untuk mencuci tidak harus kaku seperti putih,hitam atau abu-abu warna-warna pastel juga bisa dipilih sebagai warna pada ruangan Selain itu menghias ruangan binatu dengan motif polkadot dan garis-garis di wallpaper maupun dengan menggunakan stiker-stiker menciptakan kesan yang ceria pada ruangan. Ciptakan ruang dengan kesan yang riang agar anda tidak merasa gampang jenuh dalam mengerjakan aktivitas cuci dan menyetrika di rumah anda.

Demikian tips-tips dari kami, semoga tips-tips ini dapat membantu anda untuk membuat ruangan  tersendiri untuk mencuci dan menyetrika baju-baju anda dan memberi gambaran mengenai seperti apakah ruang binatu. Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi bagi anda, baik yang sudah tertarik maupun yang belum tertarik untuk membangun ruangan ini.

Kunjungi halaman facebook kami!

Baca juga: Mendesain Ruang Apartemen Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *