desain cottagecore
Rate this post

Anda yang sering mengakses internet pastinya pernah mendengar istilah cottagecore. Apa itu cottagecore? Cottagecore merupakan estetik yang popularitasnya naik di tahun 2020 hingga sekarang ini di masa pandemi. Desain cottagecore terinspirasi dari romantisasi kehidupan yang damai dan tentram di pedesaan khususnya di negara Barat.

Anda juga dapat menciptakan ruangan dengan nuansa pedesaan ala cottagecore ke dalam rumah anda dengan mudah. Berikut sedikit tips dari kami yang mudah-mudahan bisa membantu anda. Selamat membaca!

Apa Itu Desain Cottagecore

Desain cottagecore sekilas mirip dengan desain interior bergaya rustic dan hygge yang mjuga menonjolkan unsur kenyamanan di dalam rumah. Namun bedanya adalah cottagecore  mengedepankan kelembutan dan tampilan feminine baik dari pemilihan kain-kain  sebagai dekorasi ruangan maupun skema warna ruangan yang didominasi warna seperti beige dan warna monokrom seperti putih dan abu-abu muda. Desain cottagecore juga terinspirasi dari tampilan rumah-rumah di dalam cerita dongeng.

Tampilan yang lembut namun tetap terkesan riang merupakan kunci dari desain interior bergaya cottagecore. Bayangkan diri anda berada di pondok di tengah pedesaan dengan udara yang bersih dan sejuk dikelilingi bunga liar. Seperti itu kesan yang ingin dimunculkan di dalam desain cottagecore ini yaitu perasaaan nyaman namun sedikit pelarian dari suasana kota yang ramai dan penat. Tidak heran estetik cottagecore dengan cepat mencuri perhatian banyak orang-orang terutama yang tinggal di daerah kota yang metropolitan yang mendambakan pelarian dari rutinitas di perkotaan yang padat.

Selain itu di pandemi ini kita disarankan untuk tidak keluar kemana-mana agar tidak menambah resiko penularan covid-19, tentu saja kita menginginkan tampilan rumah yang membuat kita semakin betah untuk tinggal di dalamnya. Semakin banyak orang yang mengidamkan rumah dengan desain yang nyaman dan asri untuk melakukan aktivitas seperti berkebun dan membuat roti. Hal ini juga menjadi alasan naiknya popularitas dari desain interior bergaya cottagecore ini.

Bagaimana Mendesain Ruangan Bergaya Cottagecore

Untuk skema warna ruangan bergaya cottagecore anda bisa memilih warna ruangan yang didominasi oleh warna putih, bu-abu muda ataupun beige untuk warna dinding. Pemilihan lantai dengan bahan dasar kayu menciptakan kesan alami dan hangat pada ruangan karena konsep dari cottagecore adalah pondok di pedesaan yang berada di tengah hutan. Pilih lantai kayu yang memiliki warna yang hangat. Setelah lantai kayu anda pilih, anda dapat menghias lantai dengan karpet dan keset berbahan bulu tebal sebagai aksen. Pilih dengan warna lembut dan tampilan vintage untuk mempercantik ruangan. Penggunaan karpet juga bisa berfungsi sebagai perlindungan lantai kayu agar awet dan tahan lama. Dekorasi ruangan di rumah anda dengan perabot yang memiliki tampilan rustic dan alami. Perabot dengan material kayu bisa anda gunakan seperti lemari,rak,meja dan kursi serta yang lainnya. Gunakan kain katun dan kain wol sebagai sarung bantal-bantal kecil di sofa rumah anda dan hias ruangan anda dengan bunga kering. Pajang koleksi barang-barang antik anda untuk memperkaya tampilan ruangan. Desain ini mengedepankan maksimalisme yang berlawanan dengan minimalisme.

Kesan Alami Di Dalam Ruangan

Kesan alami dan organik juga merupakan kunci dari tampilan desain cottagecore jadi anda juga bisa menghias ruangan dengan tanaman-tanaman indoor untuk memperkuat kesan cottagecore. Untuk dekorasi ruangan anda bisa berburu pernak-pernik antik di pengrajin atau di pasar loak tersdekat apabila anda mencari harga barang  yang lebih murah. Penggunaan lilin dengan aroma terapi juga disaranakn karena selain mempercantik ruangan, ia akan menambah aroma wangi pada ruangan. Pilih lilin dengan aroma seperti aroma bunga atau kayu cedar. Koleksi piring dan set minum teh jaman dahulu milik anda juga bisa dipajang sebagai aksen terutama di area dapur. Penggunaan bunga-bunga kering dan herbal-herbal kering di toples bisa dijadikan sebagai aksen pemanis dari ruangan dengan gaya cottgecore. Anda dapat  menggunakan motif gingham pada taplak meja baik meja tamu maupun meja makan dengan warna pastel menambah kesan lembut dan feminine pada ruangan. Padu padan antara unsur kayu,batu alam dan kain-kain lembut adalah elemen kunci dari ruangan dengan desain bergaya cottgecore.

Bagaimana? Mudah bukan untuk mendesain ruangan bergaya cottagecore  di rumah anda ?

Like halaman facebook kami!

Baca juga: Membangun Taman Zen Di Rumah

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Desain Cottagecore Untuk Ruangan Di Rumah […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *