Skip to content

5 Rekomendasi Desain Kantor Minimalis

Rekomendasi Desain Kantor Minimalis

Apakah Anda sedang ingin membangun atau merenovasi kantor? Apakah kantor yang akan Anda inginkan memiliki prinsip minimalis? Berikut ini merupakan inspirasi desain kantor minimalis yang akan membahas bagian-bagian kantor yang meskipun sederhana namun tetap terlihat mewah dan nyaman bagi karyawan.

Bekerja selama 8-9 jam per harinya tentu menuntut kebutuhan akan kantor yang nyaman untuk bekerja dan menghabiskan waktu demi produktivitas yang baik. Fasilitas yang lengkap seperti tempat beristirahat, tempat bermain, kafe dan sebagainya merupakan sarana pendukung yang kini sudah tidak asing lagi demi kenyamanan para karyawan. Selain fasilitas, desain kantor yang minimalis mampu memberikan kenyamanan baik dari segi visual dan sisi psikologis karyawan.

Desain kantor sendiri memiliki bagian luar (eksterior) dan dalam (interior) yang biasanya sudah dirancang sedemikiian rupa mulai dari perabotan, ukuran, warna sirkulasi, pencahayaan dan alat-alat lain. Hal tersebut tentunya akan menjadikan kantor menjadi tempat yang nyaman dan produktif untuk bekerja.

Ruang Kerja

Ruang kerja kantor minimalis

Desain ruang kerja yang sederhana saat ini sering diterapkan karena biayanya yang murah dan kemudahan dalam bekerja. Tampilan yang simple dan alat-alat yang tertata dengan baik menjadikan konsep kantor seperti ini memudahkan karyawan untuk mencari hal-hal yang diperlukan karyawan saat bekerja. Hal ini punya yang menyebabkan pekerja menjadi lebih produktif karena tidak banyaknya distraksi atau gangguan yang terjadi saat bekerja.

Desain yang sering menerapkan konsep open space membuat ruang seperti ruangan terbuka dan nyaman seperti bekerja di rumah sendiri. Hal ini menyebabkan cahaya lebih mudah masuk dan sirkulasi udara yang lebih baik. Hal ini tentu saja membuat perasaan yang lega. Cahay yang cukup juga secara psikologis membuat kerja mata dan tubuh menjadi lebih produktif.

Tambahan lainnya, konsep terbuka seperti ini memudahkan karyawan untuk berinteraksi dan berdiskusi sehingga tercipta suasana yang akrab dan santi. Dengan interior yang minim dan warna-warna yang cerah seperti kuning atau putih, menjadikan konsep seperti ini sangatlah nyaman.

Ruang Rapat

ruang rapat kantor minimalis

Ruang rapat sebagai tempat pertemuan atau meeting setiap karyawan merupakan hal yang wajib di setiap kantor. Biasanya kesan yang ditimbulkan jika masuk ke ruangan ini adalah serius dan kaku, itu karena akan banyak hal-hal dan keputusan penting yang akan diambil di ruangan ini.

Namun kesan yang sangat kaku ini terkadang menyebabkan tempat menjadi tidak nyaman untuk berdiskusi dan rasa takut yang menyebabkan keputusan yang diambil menjadi blunder. Maka dari itu meski serius, namun tambahkan beberapa ornamen sederhana seperti gambar di atas untuk menjadikan ruangan rapat menjadi lebih melegakan dan para peserta rapat menjadi lebih nyaman.

Beberapa aksesoris dan pilihan warna yang terang dapat membantu untuk mencairkan suasana. Selain itu, aksen kayu dan warna alam lainnya akan menambahkan kesan yang lebih hidup dan segar. pemilihan warna terang dan sirkulasi udara yang baik juga dapat mempengaruhi psikologis peserta rapat menjadi lebih positif lagi.

Baca juga: Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Cafe atau Pantri

cafetaria kantor minimali

Cafetaria ataupun pantri merupakan area yang biasanya digunakan untuk bersantai saat jam istirahat kantor yang juga sepatutnya diperhatikan. Tidak hanya sebagai tempat untuk makan, pantri juga memiliki beberapa alat dapur yang perlu dipersiapkan untuk kebutuhan karyawan.

Aplikasikan warna-warna cerah untuk menambah nafsu makan dan kesan yang menyenangkan saat beristirahat. Pastikan pula alat-alat dapur tertata rai agar pantri terlihat bersih.

Interior Kantor

Rancangan bagian dalam (interior) ternyata banyak mempengaruhi psikologis dan kinerja para karyawan. Selain itu, desain interior juga dapat digunakan untuk membentuk citra perusahaan. Misal, interior kantor yang terdiri dari banyak koleksi kamera atau poster-poster kreatif yang menandakan citra perusahaan Anda yang kreatif. Anda juga dapat menggunakan identitas warna dari brand Anda sebagai komposisi dalam memilih warna cat.

Ruang Kantor di Rumah

 

Baca juga: Tips Renovasi Rumah dengan Bujet Minimal

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menambah wawasan dalam membangun atau melakukan renovasi Anda kelak. Namun jika Anda memiliki rencana untuk melakukannya di akhir tahun ini, maka Anda sangat beruntung. Putra Sion Mandiri saat ini sedang memiliki diskon akhir tahun sebesar 50% untuk jasa arsitek dan pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Anda bisa mendapatkan voucher tersebut dengan mengklik tautan berikut: DISKON AKHIR TAHUN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *