taman atap
Rate this post

Semakin lajunya pertumbuhan membuat semakin sempit lahan yang tersedia. Banyak sekali perumahan-perumahan dengan halaman yang sangat kecil untuk dijadikan area taman ataupun kebun. Taman atap atau rooftop garden bisa menjadi solusi bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup di rumah dan ingin memanfaatkan lahan kosong di atap anda untuk dijadikan taman tempat anda menanam berbagai macam tanaman.

Untuk membangun taman di atas atap memang tidak  murah dan dibutuhkan struktur dan konstruksi atap yang spesifik untuk membangun taman diatasnya. Namun membangun taman di atapmerupakan investasi tersendiri .membangun taman atap dapat mengurangi biaya listrik untuk mendinginkan rumah dan menambah nilai ekonomis bangunan.

Selain sebagai tempat menyalurkan hobi berkebun dan menambah keindahan pada rumah, membuat rooftop garden juga turut bersumbangsih dalam menciptakan ruang hijau terbuka yang berperan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah pemanasan global.

Tertarik untuk membangun taman atap di rumah anda? Berikut tips-tips dari kami mengenai apa saja yang harus anda siapkan.

Sediakan lahan

Lahan yang digunakan di atap rumah biasanya atap rumah yang berbentuk datar dengan dak yang terbuat dari beton. Tidak ada patokan mengenai seberapa luas lahan yang tersedia, bahkan  dengan lahan yang terbatas anda dapat membangun taman di atas dak beton atap anda.

Menggunakan Pelapis Anti Air

Lapisi atap dak beton anda dengan pelapis anti air sebelum membangun taman diatas permukaan atap agar tidak terdapat kebocoran di dalam rumah. Membangun taman di atas atap berarti rumah akan sering terkena air, untuk itu perlu dilakukan waterproofing.

Membuat Saluran Air

Jangan lupa membuat saluran air karena tanpa saluran air, air akan menggenakan di seluruh permukaan atap. Rembesan air ini juga nantinya akan merusak beton. Fungsi dari saluran pembuangan air adalah mencegah terjadinya genangan air.

Siapkan Media Untuk Tanaman

Untuk media tanam diperlukan media dengan formula yang ringan namun memiliki kemampuan untuk menyimpan zat hara dan kelembaban. Campuran tanah  dan pupuk kandang bisa dijadikan pilihan. Namun apabila anda memilih tanaman di dalam wadah pot, hal ini tidak terlalu perlu dijadikan pertimbangan.

Menggunakan Ventilasi silang

Membangun rooftop garden jangan sampai melupakan ruangan yang terletak persis di bawahnya. Pengaplikasian dak beton berarti rumah tidak memiliki ruang insulasi termal seperti rumah-rumah pada umumnya. Hal ini mengakkibatkan paparan sinar matahari masuk langsung ke dalam rumah yangmembuat rumah menjadi panas dan tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk membangun dak beton sebagai lahan untuk taman atap dibutuhkan perhatian yang lebih juga pada ruangan yang terletak di bawahnya. Ventilasi silang bisa menjadi solusi agar rumah tidak terasa panas karena indahnya taman di atas terasa percuma apabila di dalam ruangan tersa tidak nyaman karena panas. Dengan ventilasi silang, panas sinas matahari yang dihantarkan atap akan direduksi oleh aliran udara.

Memilih Tanaman-tanaman Yang Tepat

Pilih tanaman yang tahan terhadap angin dan paparan langsung sinar matahari. Tanaman sayur-sayuran organik dapat dijadikan pilihan seperti tomat, sawi dan cabe rawit. Atau anda bisa memilih tanaman buah seperti papaya dan markisa. Tidak hanya terlihat asri, tanaman-tanaman tersebut  yang bisa anda nikmati hasilnya. Anda tidak perlu khawatir mengenai pestisida karena anda tahu pasti sayur dan buah dari kebun anda organik. Atau anda dapat menanam tanaman bunga seperti mawar atau melati yang tidak hanya indah namun juga memberi keharuman pada taman diatas atap anda. Hiasi taman milik anda dengan tanaman yang rimbun agar terlihat semakin asri. Hindari tanaman yang memiliki akar serabut. Anda bebas menanam tanaman jenis apa saja asalkan tanaman-tanaman tersebut ringan dan tidak memiliki akar serabut. Akar serabut nantinya akan membebani dan merusak struktur atap dan dinding-dinding di rumah anda.

Perhatikan Sinar Matahari

Sinar matahari menjadi salah hatu hal yang pentig untuk diperhitungkan dalam membangun rooftop garden apalagi kita tinggal di Indonesia dengan iklim tropis dan sinar matahari yang berlimpah. Hal ini mungkin berdampak pada tanaman-tanaman yang sebagian tidak terlalu kuat terkena sinar matahari terus-terusan. Hal ini dapat diatasi dengan membangun kanopi.

Lengkapi Taman Atap Anda Dengan Furniture

Anda bisa meletakkan kursi dan meja di taman di atas atap anda sebagai tempat anda melepas penat. Anda juga meletakkan alat pemanggang untuk mengadakan acara barbeque keluarga di taman atap anda. Letakkan lampu taman agar tidak gelap pada saat malam hari.

Apakah anda sudah tertarik membangun taman atap di rumah anda?

Kunjungi halaman Facebook kami!

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Taman Mini Di Rumah

3 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca Juga:Taman Atap Sebagai Alternatif Ruang Hijau Terbuka […]

  2. […] Anda tertarik untuk memperhijau rumah anda? Baca juga: Taman Atap Sebagai Alternatif Ruang Hijau Ter… […]

  3. […] Taman Atap Sebagai Alternatif Ruang Hijau Terbuka […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *