Skip to content

5 Keuntungan Memiliki Taman Mini di Rumah

taman mini di halaman belakang rumah

Kehadiran taman mini di sekitar rumah menjadi semakin marak belakangan ini. Banyak pengembang perumahan-perumahan mewah yang sengaja memberikan sedikit ruang di halaman depan maupun belakang rumah agar bisa dikonversi menjadi taman mini oleh kliennya.

Namun, hal ini jarang mendapatkan perhatian para pemilik rumah karena ukurannya yang sangat mungil. Tidak jarang para pemilik rumah memilih untuk menghilangkan jatah taman yang diberikan untuk memperluas pekarangan rumahnya.

Padahal, sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh jika mampu memaksimalkan kehadiran taman mini di pekarangan rumah Anda.

Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan menyampaikan beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh jika memiliki dan merawat taman mini di pekarangan rumah Anda. Penasaran? Silahkan simak artikel di bawah ini.

Memperindah Rumah

Manfaat yang pertama berkaitan erat dengan estetika atau keindahan rumah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran taman mini dapat meningkatkan keindahan rumah Anda, terlebih lagi jika dilihat oleh orang lain yang jarang atau baru pertama kali berkunjung ke rumah Anda. Jika taman mini berposisi di halaman depan rumah Anda maka hal ini lebih baik karena dapat menghadirkan impresi pertama yang positif.

Jika Anda mampu memaksimalkan penggunaan taman mini ini, kesan pertama yang akan diberikan oleh pengunjung rumah Anda terhadap rumah Anda adalah hunian yang asri, ramah, dan nyaman.

Baca juga: Cara Membuat Taman Rumah yang Menarik

Tempat Bercengkerama

Taman mini yang terletak di area belakang rumah cocok sebagai tempat menikmati kopi dan bercengkerama.

Dengan memiliki taman mini di halaman belakang rumah, Anda dapat dengan santai bercengkerama dengan kerabat maupun keluarga hanya dengan menambahkan beberapa perabotan tambahan seperti lampu, meja, dan kursi.

Tidak ada pelengkap yang lebih baik untuk bercengkerama dan menikmati kopi selain sambil melihat dan menikmati tanaman-tanaman yang indah tumbuh subur di pekarangan rumah Anda.

Sumber Oksigen

Poin ketiga berkaitan erat dengan kesehatan dan kualitas hidup kita.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas udara khususnya di kota-kota besar dalam beberapa tahun terakhir mengalami degradasi yang luar biasa.

Berbagai polusi udara dihasilkan baik oleh kendaraan bermotor maupun pengoperasian pabrik-pabrik industri. Mau tidak mau, seluruh masyarakat kota harus turut menikmati udara yang tidak sehat di sekitarnya.

Dengan memiliki taman mini di rumah dan menanamkannya dengan banyak tumbuhan, Anda dapat setidaknya meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah Anda. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang menyerap karbon dioksida dan menyebarkan oksigen.

Selain dapat meningkatkan kualitas udara, oksigen yang banyak dikeluarkan oleh tumbuhan juga membuat suhu semakin sejuk dan tidak panas.

Baca juga: Cara Membuat Taman Kolam untuk Rumah Minimalis

Menjalankan Hobi

Cukup banyak orang yang memiliki minat dan hobi dalam berkebun.

Namun, banyak juga – khususnya orang-orang kota – yang tidak mampu menjalani hobinya tersebut karena di daerah rumahnya tidak terdapat ruang tanah yang  cocok untuk ditanami dengan berbagai macam tumbuhan.

Ruang kosong di sekitar pekarangan rumah yang pada saat ini banyak disediakan oleh para pengembang perumahan, dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan hobi berkebun ini.

foto berkebun di taman mini rumah
Photo by Benjamin Combs; Unsplash

Menghemat Pengeluaran

Dengan memiliki kebun di sekitar pekarangan rumah juga Anda dapat menghemat banyak hal, mulai dari bahan-bahan makanan hingga pengobatan.

Sebagai contoh, Anda dapat menanam tanaman-tanaman kecil yang memiliki banyak khasiat seperti lidah buaya, seledri, dan lain-lain.

Tanaman-tanaman ini akan sangat berguna bagi Anda khususnya untuk menghemat pengeluaran. Misalnya ketika ada salah satu penghuni rumah yang menderita mimisan,

Anda tidak perlu buru-buru pergi ke dokter untuk diperiksa. Melainkan, Anda dapat pergi ke taman mini dan mengambilkan daun sirih untuknya.

Hal ini memang sesuatu yang terdengar sangat sederhana, tapi nyatanya cukup menghemat pengeluaran Anda.

Itulah beberapa manfaat memiliki taman mini di pekarangan rumah Anda. Membuat dan memaksimalkan kegunaan taman mini memang terlihat sangat sederhana, namun manfaat atau keuntungan yang diberikan cukup banyak.

Jika Anda tertarik untuk membuat atau memaksimalkan kehadiran taman mini di pekarangan rumah Anda, kami, Putra Sion Mandiri siap untuk membantu Anda dalam mewujudkannya. Kami telah berdiri selama lebih dari 10 tahun dan telah mengerjakan berbagai proyek konstruksi, arsitektur, renovasi, dan desain interior.

Baca juga: Menggunakan Jasa Arsitek Putra Sion Mandiri

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa kami, Anda dapat menghubungi kami melalui 082267183517 atau 085370255054. Jika Anda masih ragu atau ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu, kami juga menyediakan fitur konsultasi online gratis di situs web resmi kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *