Rate this post

Apakah  merenovasi rumah tanpa menambah lantai bisa di lakukan?  Bagaimana cara mendesain tata ruang yang ada di dalam rumah? Mengapa harus memakai jasa arsitek dalam renovasi rumah.

Renovasi rumah tanpa menambah lantai juga dapat di lakukan komponen dasarnya KDB (Koefisien Dasar Bangunan) tidak melebihi dari persyaratan yang ada dari pemerintah setempat. Cara menggetahui KDB nya Anda bisa menanyakan ke dinas yang terkait atau dapat dari informasi umum setiap wilayah tersebut bahwa KDB nya berapa persen yang bisa di bangun. Anda harus mengetahui pertimbangan elemen struktur karena setiap bagunan mau memiliki bangunan satu lantai atau dua lantai pada prinsipnya memiliki yang namanya komponen structural fungsinya agar bangunan berdiri kokoh yang biasanya terdiri dari  :

  • Kolom (tiang)
  • Balok sloof
  • Balok ring balk
  • Rangka atap

Beberapa pertimbangan yang harus di ketahui merenovasi rumah tanpa menambah lantai. Karena dengan memakai jasa arsitek Anda akan mendapatkan sebuah desain rumah yang lebih estetis dan fungsional serta dapat membantu Anda memilih material yang di butuhkan.

 

Apakah perlu membangun dua lantai? Apa yang harus di perhatikan ketika kita ingin merenovasi rumah  dua lantai?

Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk diperpanjang di permukaan tanah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lantai kedua. Investasi dengan membangun dua lantai juga memiliki potensi untuk meningkatkan tampilan rumah Anda dan memberikan daya ketertarikan. Menambahkan tingkat untuk mempertahankan halaman belakang dan ruang terbuka. Sama seperti renovasi rumah satu  lantai yaitu harus mencermati pertimbangan struktur karena mempergaruhi kekokohan bangunan, urgensinya ketika Anda melakukan penambahan lantai pada bagunan adalah besaran pada kolom struktur, karena untuk bangunan satu lantai dengan bangunan dua lantai itu berbeda, kolom yang di gunakan untuk bangunan dua lantai itu lebih besar dari bangunan satu lantai dan harus memastikan dimensi kolom nanti harus cukup untuk  menompang beban bangunan dua lantai. Posisi pondasi setempat atau foot plat  biasa terletak di kolom utama  bangunan dua lantai terdiri dari dua kolom yaitu kolom utama dan kolom praktis, kolom utama itu paling utama untuk menyangga  bangunan dua lantai.

 

 

 Disadurkan dari youtube : Belajar Arsitektur 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *