Skip to content

5 Tips Desain Interior Ruangan Kantor di Rumah

5 Tips Desain Interior Ruangan Kantor di Rumah

Pandemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia telah memaksa banyak pekerja kantoran untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang akhirnya mendesain kamar tidur atau ruang kosong di rumah mereka sebagai ruangan kantor mereka. Meskipun bekerja dari rumah, sisi kenyamanan dalam bekerja tetap harus diperhatikan. Salah satu menciptakan kenyamanan dalam bekerja adalah mendesain ruangan kantor agar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Berikut ini adalah tips-tips untuk Anda dalam menciptakan desain interior ruangan kantor di rumah yang sesuai dengan selera Anda sehingga produktivitas kerja Anda tetap terjaga.

Menyesuaikan Ruangan dengan Hobi Anda.

Bekerja di rumah tidak menjamin Anda akan jadi lebih rileks di rumah. Perusahaan akan tetap menuntut Anda untuk tetap produktif meskipun tidak datang ke kantor. Programmer, web design, pekerja media (content writer, editor, dkk), dll adalah beberapa dari profesi kerja yang dituntut untuk tetap memenuhi target. Deadline tentu akan menjadi musuh bagi Anda.

Untuk menghindari stress karena deadline dan kehabisan ide, Anda perlu menjalankan hobi Anda sejenak untuk merilekskan kepala. Oleh karena itu, mendesain ruangan kantor agar sesuai dengan hobi Anda mungkin adalah salah satu solusi yang baik.

Contohnya adalah dengan menggantungkan alat musik bila Anda suka musik, seperti gitar dan biola. Atau, apabila Anda menyukai olahraga basket atau permainan anak panah, Anda bisa menempelkan keranjang basket atau target panahan di dinding sehingga saat Anda stress, Anda bisa merilekskan kepala dengan bermain basket atau panah mini.

Menempelkan Kalimat-kalimat Motivasi

Banyak pekerja kantoran yang gampang bosan karena melakukan pekerjaan yang berulang. Stress karena pekerjaan yang menumpuk pun menambah beban. Banyak juga pekerja yang bingung karena masalah keuangan. Hal ini makin diperparah dengan tidak ada rekan kerja atau senior yang memberi motivasi langsung karena pekerjaan dilakukan di rumah.

Saya menyarankan supaya Anda menempelkan kalimat-kalimat motivasi di dinding ruangan kantor Anda. Contoh kalimat motivasi yang baik adalah “Waktu adalah Uang”. Mungkin pepatah ini cocok untuk Anda yang suka menunda pekerjaan. Dengan kalimat ini, Anda akan termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan tepat waktu sehingga pekerjaan tidak menumpuk.

Gunakan Warna yang Menambah Semangat

Pekerja yang bersemangat tentu akan menciptakan banyak ide. Jadi, saya menyarankan kepada Anda untuk memilih warna yang akan menambah semangat untuk Anda. Salah seorang psikolog warna dari Inggris, Angela Wright, mengatakan bahwa warna biru dan kuning adalah warna yang menstimulasi kecerdasan dan kreativitas. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengecat ruangan kantor dengan kombinasi 2 warna ini.

Perhatikan Ventilasi dan Sirkulasi Udara

Di zaman modern ini, penggunaan AC di ruangan sering menjadi favorit. Namun dengan adanya AC ini, para pekerja sering mengabaikan penggunaan ventilasi dan sirkulasi udara. Ruangan kerja jarang dipasang jendela dan pencahayaan sering bergantung kepada lampu ruangan.

 

Padahal, sirkulasi udara itu penting demi kesehatan kita. Paru-paru basah adalah salah satu penyakit yang mungkin mengenai kita apabila tidak ada sirkulasi udara pada ruangan. Tidak hanya itu, pencahayaan dari sinar matahari juga perlu supaya kita bisa konsentrasi dalam melakukan pekerjaan.

Pasanglah Peredam Bising

Apabila rumah Anda terletak di pinggir jalan, suara kendaraan bermotor sering mengganggu konsentrasi saat bekerja. Oleh sebab itu, pasanglah peredam suara pada ruangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cat tembok khusus peredam suara, memasang lantai karpet tebal, dan memasang karpet pada dinding.

Itulah beberapa tips untuk desain interior ruangan kantor di rumah yang dapat Anda terapkan pada bangunan Anda. Jika Anda memiliki keterbatasan dan membutuhkan jasa desainer interior terbaik di Medan, Putra Sion Mandiri siap menjadi mitra terbaik dan terpercaya bagi Anda. Hubungi kami melalui kolom chat maupun whatsapp +6285372726338. Kunjungi juga laman media sosial kami seperti Facebook dan Youtube untuk info dan promo terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *