Skip to content

Mengenal Desain Interior Memphis Design

Memphis design sofa

Desain interior Memphis merupakan trend desain interior yang muncul di era tahun 80-an,. Desain interior Memphis Design ini merupakan cabang dari aliran post-modernisme yang berkembang dari tahun 1970an hingga 1980an yang menekankan bentuk dan desain yang tidak mematuhi aturan struktural normal.

Pada awal kemunculan desain ini tidak sedikit pula orang yang mencemohnya. Mereka berkata desain interior ini terlihat murahan dan berselera rendah serta tidak serasi sama sekali, meskipun demikian hal tersebut tidak menghalangi desain interior dengan gaya ini untuk mendominasi tren sepanjang tahun 1980an sebelum akhirnya memudar di akhir 1980an. Belum mendapat gambaran mengenai desain interior Memphis design? Silahkan lanjutkan membaca.

Latar Belakang Munculnya Memphis Design

Desain interior bergaya Memphis  ini tepatnya lahir  di tanggal 11 Desember tahun 1980 ketika arsitek dan desainer Italia bernama Ettore Sottsass yang berkumpul dengan desainer-desainer sera arsitek-arsitek muda  untuk merencanakan membuat suatu karya. Nama Memphis ini dipilih karena di saat mereka berkumpul lagu Bob Dylan yang berjudul Stuck Inside of Mobile with Memphis Blues Again  terus-menerus terputar ulang sepanjang pertemuan.

Bagi Sottsass, kata Memphis ini merepresentasikan dua hal yakni kota di Tenesse, Amerika Serikat dan Ibukota Mesir Kuno.tentu saja hal tersebut tidak menggambarkan seperti apa karya yang nantinya akan diciptakan dan terkesan  ambigu, Desainer-desainer yang lain kemudian menggunakan ambiguitas arti Memphis tersebut sebagai representasi dan filosofis desain mereka. Grup ini berjalan bersama hingga tahun 1987 sebelum akhirnya membubarkan diri setelah ketenaran desain  mereka memudar di tahun itu .

Meski Memphis Group telah bubar, tren Memphis design ini tidak berakhir. Trend Memphis Design kembali muncul belakangan ini dan kembali naik pamor. Tidak hanya mempengaruhi tren desain interior saja, Memphis design juga ikut mempengaruhi trend fashion. Brand terkenal seperti Christian Dior dan Missoni mengambil inspirasi dari Memphis design ini untuk koleksi  brand mereka. Bahkan mendiang perancang busana Karl Lagerferld dan ikon music Glamrock David Bowie merupakan pengkoleksi desain  Memphis ini.di tahun 2014, eks member dari  Memphis Group, Natalie Du Pasquier seorang desainer Perancis bekerja sama dengan brand fashion American Apparel  setelah sebelumnya berkerjasama dengan brand dari Denmark  HAY untuk mendesain koleksi tas mereka yang terinspirasi dari desain ini.

Ciri  Khas Desain Interior Memphis

Desain Memphis yang merupakan bagian dari aliran interior postmodern ini digambarkan sebagai  desain interior yang penuh gaya kebebasan dan penuh dengan motif yang tidak seragam serta warna-warna yang riang. Ada yang berkata bahwa desain interior Memphis  ini perpaduan antara aliran Bauhaus dan produk mainan anak-anak milik  Fisher-Price, sebuah produsen mainan anak dari Amerika karena kesan  playful yang ditimbulkan saat melihat ruangan dengan konsep ini.

Motif geometris, polkador,zig zag,segitiga dan lainnya sangat sering muncul di dalam desain interior ini baik di motif perabot maupun aksen pada wallpaper. Tidak hanya motif-motif itu saja, motif bunga dan corak binatang juga sering digunakan di dalam desain interior Memphis ini yang menimbulkan kesan ramai dan berani,

Penggunaan warna mulanya hanya warna-warna primer seperti merah,kuning dan biru namun belakangan orang juga mengkombinasikan gaya interior ini dengan warna-warna lain seperti warna-warna pastel yang lembut seperti pink dan salem maupun lilac.

Perabot yang sering digunakan di dalam ruangan dengan konsep  Memphis design ini umumnya memiliki bentuk dan motif  yang tidak lazim dengan bentuk seperti lingkaran,segitiga maupun bentuk asimetris lainnya. Penggunaan lantai teraso juga  cukup populer di desain Memphis ini.

Memasukkan  Konsep Desain Interior Memphis Ke Dalam Rumah

Anda tidak perlu takut untuk rumah anda terlihat terlalu mencolok dengan sepenuhnya menerapkan konsep desain interior Memphis. Anda bisa memasukkan unsur-unsur kecil dari desain interior dengan gaya Memphis  ini dengan mempertahankan tampilan ruangan yang lebih kalem dalam pemilihan warna namun tetap terlihat hidup.

Bermainlah dengan aksen  lingkaran pada ruangan seperti menggunakan cermin dalam bentuk lingkaran atau  motif-motif geometris seperti pada wallpaper anda ataupun pada perabot anda seperti lemari ataupun karpet ruangan anda.

Apakah sekarang anda tertarik untuk menerapkan unsur-unsur desain interior Memphis untuk ruangan anda?

Kunjungi juga page facebook kami.

Baca juga artikel lainnya: Mengenal Desain Interior Wabi Sabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *