Skip to content

Jenis Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Jenis Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Anda ingin mencari contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)? Sebaiknya Anda mengetahui dulu apa itu Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan jenis-jenisnya sebelum menyusun dan merancangnya. Masalah anggaran adalah hal yang paling riskan untuk dibahas. Kurang sepeser tentu akan menimbulkan masalah sehingga diperlukanlah rencana anggaran biaya untuk tetap terjalinnya kepercayaan antara kedua pihak. Rencana anggaran biaya wajib ada dan menjadi hal yang lazim saat mempresentasikan sesuatu yang harus mengeluarkan uang. Biasa rencana anggaran biaya dimasukkan ke dalam proposal yang akan menjelaskan alasan mengapa biaya tersebut harus dikeluarkan. Inilah beberapa jenis rencana anggaran biaya.

Jenis Rencana Anggaran Biaya (RAB)

1. RAB Organisasi

Semua organisasi membutuhkan uang untuk menjalan visi misinya. Biasanya pemasukan organisasi bersumber dari sumbangan dan iuran anggota. Oleh karena itu, pihak eksekutif organisasi harus melaporkan pengeluaran yang dibutuhkan kepada seluruh anggota.

Rencana anggaran biaya organisasi biasanya disahkan di dalam rapat pleno. Isi dari rencana anggaran biaya tersebut adalah biaya administrasi organisasi (alat tulis dan percetakan), biaya rapat, biaya kongres/rapat besar, dan terakhir adalah biaya rencana kebijakan yang akan dilaksanakan oleh eksekutif organisasi.

Kebijakan eksekutif inilah yang banyak memakan biaya sehingga harus dibikin sespesifik mungkin karena kebijakan organisasi harus sesuai dengan visi misi dan tentu menentukan nama baik dari organisasi tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Desain Interior Ruangan Kantor di Rumah

2. RAB Event/Acara

 

Banyak acara/event itu rawan dengan korupsi. Oleh sebab itu, rencana anggaran biaya sangat diperlukan untuk mencegah korupsi dan pengeluaran yang tidak perlu.

Event/Acara biasanya mendapatkan pemasukan dari sponsor dan penjualan pernak-pernik dan makanan yang biasanya dilakukan oleh panitia. Dengan rencana anggaran biaya, panitia bisa menentukan sponsor yang bisa dilirik dan jumlah pemasukan yang diperlukan.

Karena banyak yang bergantung kepada sponsor, di dalam rencana anggaran biaya, panitia tentu wajib menuliskan jumlah biaya yang diperlukan sebelum dan saat acara berlangsung. Setelah itu, mereka harus membuat estimasi pemasukan dan potensi pemasukan bagi sponsor (dengan menjual produk mereka saat acara atau mengiklankan produk mereka di dalam acara) saat acara berlangsung sehingga sponsor tahu bila mereka akan rugi/untung bila menginvestasikan dana mereka di sana.

3. RAB Perusahaan/Bisnis

Bisnis memerlukan rencana anggaran biaya yang baik dan rinci. Hal ini dilakukan supaya tidak ada pembengkakan biaya pada suatu divisi. RAB bisnis terdiri dari penghitungan anggaran bahan baku, biaya proses produksi, biaya maintenance, biaya operasional perusahaan, biaya upah/gaji, serta biaya pemasaran/iklan.

4. RAB Renovasi/Pembangunan Rumah

Dalam membangun atau merenovasi rumah, masalah biaya adalah hal yang paling utama. Pada umumnya, tugas menghitung rencana anggaran biaya dilakukan oleh kontraktor renovasi yang diajak untuk bekerja sama. Perhitungan ini pun digunakan sebagai harga penawaran jasa renovasi terhadap pelanggan mereka. Meskipun begitu, pelanggan juga harus ikut menghitung rencana anggaran biaya sebagai biaya perbandingan harga dan muncullah kesepakatan antara pelanggan dengan kontraktor atau pemborong.

Rencana anggaran biaya adalah banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, alat, dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan atau proyek tersebut.Rumus rencana anggaran biaya yang sering digunakan oleh kontraktor adalah volume pekerjaan dikali dengan harga satuan pekerjaan.

Volume pekerjaan bisa dihitung dari total luas area yang akan direnovasi/dibangun yang dihitung dengan satuan meter (meter), meter persegi (m2), dan meter kubik (m3). Harga satuan adalah akumulasi dari biaya tenaga kerja, biaya material dan bahan, serta biaya pendukung lainnya yang dinyatakan dalam satuan harga per meter persegi (Rp per m2).

Baca juga: Rencana Anggaran Biaya untuk Renovasi Rumah

Jika Anda sudah tahu jenis-jenis dari Rencana Anggaran Biaya ini, Anda dapat pula mengetahui cara menghitungnya di sini. Namun jika Anda memiliki keterbatasan waktu dan tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan jasa dari Putra Sion Mandiri. Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp ataupun kolom chat yang ada di bawah. Kunjungi juga Facebook dan Youtube kami untuk mendapatkan info terbaru dari Putra Sion Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *